Disiplin Cuci Tangan, Pakai Masker, Jaga Jarak Aman dan Tetap di Rumah.
Macam-Macam Servis Mobil Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Pergi ke Bengkel
Posted : 20 March 2021 10:09:45 | Views : 200

Bagi pengendara mobil pasti sudah tau tentang macam-macam servis mobil. Servis mobil memang hal yang penting untuk dilakukan demi kesehatan mobil itu sendiri. Namun, tidak semua pemilik mobil memahami bagaimana cara menyervis mobil. Padahal kita ketahui bahwa kendaraan roda empat ini sering mengalami masalah apabila tidak mendapatkan perawatan servis.

Zaman semakin berkembang, sampai hari ini yang mendirikan tempat servis mobil semakin meningkat. Service mobil dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menyervisnya sendiri. Namun bagi Anda yang ingin mencoba melakukan servis sendiri, bisa dilakukan dengan cara memahami beberapa hal penting dalam menyervis mobil.

Urutan Melakukan Servis pada Mobil

Selain macam-macam servis mobil yang harus dipahami, urutan servis mobil juga tidak kalah penting untuk dipahami. Servis tidak dilakukan dengan sembarangan, artinya terdapat urutan-urutan yang perlu diperhatikan guna memberikan perawatan terbaik untuk kendaraan roda empat tersebut. Untuk urutannya ini sangat umum, jadi lebih mudah untuk dipahami.

Dalam melakukan servis pada mobil, pertama kali harus memeriksa cairan yang ada di mobil supaya tercukupi yaitu cairan rem, cairan radiator, dan cairan power steering. Setelah itu, ganti oli mobil apabila sudah waktunya karena oli sendiri memiliki fungsi yang sangat penting pada mesin. Yang terakhir lakukan tune up, tune up biasanya hanya dilakukan oleh sang ahli mekanik karena memang proses ini sudah mencakup bagian inti dari mobil seperti mesin.

Servis Mobil? Ini yang Perlu Dicek

Apa yang harus dicek saat servis mobil? Ada beberapa bagian mobil yang harus dicek terlebih dahulu sebelum dilakukannya servis. Pengecekan ini tidak bergantung dengan macam-macam servis mobil, yang artinya pengecekan dilakukan pada semua jenis servis. Bisa dibilang pengecekan ini sebagai dasar dalam servis mobil.

Bagian mobil yang harus dicek meliputi cairan pendingin mesin, minyak rem, minyak power steering, minyak kopling, pedal kopling, pedal rem, komponen tali kipas, baterai, pemeriksaan pada oli, selang-selang pendingin, pipa-pipa gas buang, baut-baut pada sasis, semua lampu, suspensi depan belakang dan kondisi ban depan belakang.

Biaya yang Perlu Dikeluarkan Ketika Servis Mobil

Biaya servis mobil bergantung pada beberapa hal yaitu jenis mobil dan macam-macam servis mobil. Perlu diketahui bahwa setiap jenis mobil menghabiskan biaya servis yang berbeda-beda. Bahkan bisa dibilang semakin bagus jenis mobilnya maka biaya servis akan semakin mahal. Hal ini dikarenakan setiap jenis mobil memiliki komponen yang berbeda.

Untuk kisaran biaya servis mulai dari ratusan sampai jutaan. Khusus mobil yang masih memiliki jarak tempuh sedikit biaya servis masih murah. Sementara bagi mobil dengan jarak tempuh lebih dari  40.000 km tarifnya akan lebih mahal. Ini juga bergantung dengan komponen yang diganti. Semakin banyak komponen yang diganti juga semakin mahal.

Cara Servis Mobil Avanza

Servis berkala mobil avanza dilakukan bergantung dengan beberapa hal. Avanza sendiri merupakan salah satu jenis mobil yang memiliki macam-macam servis mobil. Untuk servis mobil Avanza biasanya dilakukan pada jarak tempuh 10.000 km, 20.000 km, 30.000 km, dan 50.000 km. Biaya yang dihabiskan mencapai Rp. 500.000 dan bisa melebihi itu apabila ada komponen tertentu yang perlu diganti.

Selain itu, mobil Avanza juga memiliki jadwal servis untuk pergantian komponen tertentu. Jika jarak tempuh mencapai 40.000 km akan ada pergantian minyak rem dan filter udara. Jarak tempuh mencapai 60.000 km akan ada pergantian spare parts. Untuk jarak tempuh selanjutnya pergantiannya akan sama dengan jarak tempuh sebelumnya namun biayanya akan lebih mahal.

Bagian Terpenting Mobil yang Perlu di Service

Bagian mobil yang sering di service meliputi filter AC, oli mesin, ban mobil, kanvas kopling, busi, lampu, filter udara dan kanvas rem. Bagian-bagian tersebut merupakan bagian terpenting dalam mobil. Jika salah satu dari bagian itu mengalami masalah, maka mobil tidak akan nyaman digunakan. Bahkan bisa menyebabkan kejadian membahayakan seperti kecelakaan.

Untuk melakukan servis di bagian-bagian tersebut tidak harus menunggu jadwal. Apabila dirasa bagian tertentu misal pada ban mobil sudah terjadi penipisan maka segeralah diganti. Oleh karena itu, bagian mobil perlu dicek setiap hari bahkan sebelum digunakan. Semakin sering diperhatikan, mobil akan menjadi semakin nyaman untuk dikendarai.

Perbedaan Jenis Servis Mobil

Terdapat hal penting yang perlu diketahui dalam melakukan servis mobil termasuk anggaran biaya. Bahkan biaya juga sering dijadikan patokan untuk melakukan servis atau tidak. Untuk macam-macam servis mobil memang kebanyakan bergantung dengan jarak tempuh sebuah mobil. Namun, terdapat dua jenis servis mobil dan biayanya yang perlu diketahui sebagai berikut.

Servis secara Berkala

Servis secara berkala merupakan perawatan mobil yang umum. Servis ini dilakukan pada jarak tempuh tertentu. Proses perawatannya memuat bagian mobil secara umum. Waktu perawatan sekitar enam bulan sekali atau sekitar jarak tempuh 5.000 km. Untuk biaya, servis berkala biasanya menghabiskan tidak sampai satu juta. Namun, ini juga bergantung dengan jarak tempuh tertentu. Untuk jarak tempuh 10.000 km biayanya sekitar Rp. 600.000, jarak tempuh 40.000 km biayanya sekitar Rp. 1.200.000, dan jarak tempuh 80.000 km biayanya bisa mencapai Rp. 3.000.000.

Tune Up

Tune up merupakan perawatan mobil yang dilakukan secara detail. Biasanya proses perawatan meliputi bagian-bagian keseluruhan mobil. Perawatan ini dilakukan sekitar satu tahun sekali. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk perawatan ini sekitar Rp. 2.000.000. Namun, karena prosesnya detail terkadang bahkan biayanya bisa melebihi itu. Hal ini dikarenakan kemungkinan adanya pergantian komponen mobil seperti ban, AC, dan komponen lainnya.

Pehatikan Ini Ketika Sewa Mobil

Keselamatan penumpang merupakan yang utama, sehingga terdapat hal penting dalam menyewa mobil yang harus diperhatikan. Hal ini mengenai kondisi mobil itu sendiri, karena memang tidak semua mobil yang disewakan layak untuk digunakan. Oleh karena itu, sebagai penyewa harus tau apa saja yang perlu diperhatikan seperti berikut ini.

Memastikan kondisi mobil

Pastikan kondisi mobil luar dan dalam memiliki kondisi yang bagus mulai dari kondisi mesin, rem, ban mobil, tempat duduk, AC, oli dan masih banyak lagi. Dengan mengecek bagian-bagian tersebut, Anda akan mengetahui mana bagian yang bermasalah dan mana bagian yang baik-baik saja.

Tes mobil

Meskipun ini terlihat simple, namun harus tetap dilakukan. Dengan mengetes mobil, Anda akan tahu apakah mobil tersebut nyaman atau tidak. Jika penyewa tidak memperbolehkan melakukan pengetesan, setidaknya coba untuk menyalakan mesinnya saja. Namun biasanya penyewa mobil akan memperbolehkan, bahkan terkadang langsung ditemani juga.


Banyak hal yang harus dipahami mengenai macam-macam servis mobil. Mulai dari jenis mobilnya, berapa banyak jarak tempuh yang sudah dimiliki mobil dan kebutuhan mobil. Untuk itu penting mengetahui terlebih dahulu keadaan mobil mulai dari keadaan mesin dan sebagainya sebelum melakukan servis. Karena memang yang lebih mengetahui keadaan mobil adalah si pemilik.

Jika anda mencari service mobil dan toko yang jual onderdil mobil aki ban dan sparepart lainnya di makassar sulawesi selatan maka pergi saja ke PT. Catur Putra Harmonis EX bengkel Mahaputra karena kami menyediakan banyak layanan untuk kenyamanan mobil anda.

Need Help ?

Easy to Get In Touch With Us

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Silahkan menggunakan fitur Live Chat yang tersedia di sebelah kanan bawah halaman ini.