Disiplin Cuci Tangan, Pakai Masker, Jaga Jarak Aman dan Tetap di Rumah.
Ciri Mobil Pernah Overheat Ini Wajib Kamu Perhatikan Agar Tak Terjadi Kedua Kali
Posted : 25 March 2021 11:35:20 | Views : 983

Masyarakat modern ini memang memiliki gaya hidup yang cepat, efektif, efisien, dan tepat. Tentu saja hal ini membuat berbagai pihak yang tergabung di dalamnya harus memiliki mobilitas tinggi untuk bisa hidup di era modern ini. Untuk mencapai hal tersebut tentu saja Anda bisa menggunakan berbagai alat bantu, salah satunya adalah kendaraan untuk bisa mencapai mobilitas yang tinggi. Karena dengan  adanya kendaraan maka akan membuat Anda lebih cepat dalam berpindah tempat, namun Anda perlu waspada dengan ciri mobil pernah overheat.

Kendaraan ada berbagai jenis mulai dari sepeda motor, mobil, truk, pesawat terbang, helikopter, hingga kapal laut. Pilihan kendaraan tentu tergantung dengan Anda, mana yang sekiranya dibutuhkan. Tapi memang paling banyak memilih mobil, untuk kendaraan ini memang perlu banyak perawatan, dan Anda harus mewaspadai terjadinya overheat pada mesin dan ketahuilah indikator overheat mobil.

Cara Mengetahui Ciri Mobil Pernah Overheat

Ketika Anda mengendarai mobil, akan lebih baik sebelum menggunakannya mengecek dahulu keadaan kendaraan di Jasa Servis Mobil Makassar dan perhatikan ciri mobil pernah overheat. Apakah kendaraan tersebut layak pakai maupun dalam keadaan yang baik untuk digunakan. Jangan sampai Anda mengalami masalah di jalan, yang bisa saja membahayakan pengguna jalan lain maupun Anda sendiri. Salah satunya adalah mesin mobil mengalai overheat, maka dari itu Anda perlu tahu ciri ciri overheat pada mobil berikut ini.

Ngelitik 

Apabila Anda menggunakan mobil untuk melakukan perjalanan jauh maka jika terjadi overheat biasanya akan terjadi ngelitik dalam waktu lama dan berkepanjangan pada mesin mobil.

Suhu Naik

Mesin mobil akan mengalami kenaikan suhu hingga sangat panas sehingga peformanya menurun drastis dan membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin juga berkurang.

Indikator Peringatan

Pada gauge mobil akan muncul peringatan mengenai suhu mesin mobil, yang mana akan ditunjukkan bahwa suhu pada mesin mobil sudah melebihi standar dan mencapai garis merah.

AC Panas atau Mati

Ketika sudah dalam keadaan overheating, biasanya yang terjadi adalah pemutusan ECU yang bertujuan supaya beban mesin menjadi berkurang. Hal ini biasanya terjadi secara otomatis pada mobil yang memiliki sistem safety load. Jika hal ini terjadi maka AC mobil auto terputus, namun berbeda bagi mobil yang tidak memiliki safety load. Pada mobil seperti itu, maka yang terjadi adalah AC pada mobil akan menjadi panas.

Silinder Bengkok

Apabila overheat pada mobil sudah sangat parah maka yang kemungkinan besar terjadi adalah tercampurnya oli pada mesin dengan air. Hal ini akan membuat oli mobil akan berubah warna menjadi kecoklatan. Selain itu yag fatal adalah ini berarti silinder head atau block silinder mengalami kebengkokan.

Perbaikan Ciri Mobil Pernah Overheat

Jika mobil Anda mengalami overheat pada saat berkendara jarak jauh, maka mau tidak mau harus menangani sendiri atau mungkin pergi ke Jasa Servis Mobil Makassar. Maka dari itu perlu tau cara memperbaiki mobil overheat sendiri, berbeda jika Anda membawanya ke bengkel maka perlu mempertimbangkan biaya turun mesin akibat overheat dan juga biaya perbaikan overheat mobil.

Jangan Memaksa

Apabila Anda sudah merasa terjadi gejala overheating, maka itu adalah ciri mobil pernah overheat. Jadi, jangan memaksa melakukan perjalanan dengan mobil tersebut, jika tetap nekat maka bisa menyebabkan kerusakan permanen pada komponen mesin.

Matikan Mesin

Mobil sudah overheating, maka yang perlu Anda lakukan sebagai tindakan darurat adalah menepikan mobil dan mematikan mesin. Kemudian Anda bisa menunggunya hinggamesin mendingin baru mulai penanganan selanjutnya.

Jangan Buka Tutup Radiator

Jangan pernah Anda buka tutup radiator yang masih panas karena berbahaya, bisa menimbulkan semburan air panas. Jadi solusinya adalah dengan menunggu mesin menjadi dingin baru bisa dibuka.

Cek Air Radiator

Apabila sudah dingin, maka Anda bisa membuka radiator dan mengece keadaannya. Tetapi berhubung mesin mobil baru saja mengalami overheat, maka Anda tetap harus berhati-hati dan lakukan secara perlahan.

Cek Penyebab

Cari penyebab mobil Anda overheat dengan cara mengecek komponen satu persatu, apabila masih bisa diperbaiki sendiri, maka Anda bisa melakukannya. Namun jika kerusakan sudah maka parah, akan lebih baik jika dibawa ke bengkel terdekat atau memanggil derek.

Faktor Pemicu Ciri Mobil Pernah Overheat

Faktor penyebab mobil overheat pasti ada, jadi untuk antisipasi Anda perlu tahu infonya berikut ini:

Tersumbatnya selang dan radiator

Penyebab pertama ciri mobil pernah overheat adalah adanya sumbatan pada radiator atau selangnya, yang akan menyebabkan kebocoran air pada radiator. Untuk bisa menangani ini Anda perlu ke spesialis radiator.

Air radiator tidak sesuai

Penggunaan air radiator yang tidak sesuai tentu saja ikut membuat kerusakan dan mesin panas. Jadi Anda lebih baik menggunakan air atau cairan yang khusus dan tepat untuk radiiator.

Oli kualitas buruk

Oli yang berkualitas buruk tentu tidak bisa menahan suhu tinggi yang ekstrim, jadi bisa menyebabkan overheat dan mati mendadak. Hal ini juga berlaku bagi ciri ciri mesin motor overheat yang tidak menggunakan oli berkualitas baik.

Kerusakan kipas

Apabila kipas radiator eror atau rusak, maka tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga bisa menyebabkan suhu mesin meningkat dan overheat. Cara mencegah hal ini adalah dengan rajin membersihkan kipas radiator, sehingga tidak akan membuat kotoran menumpuk dan merusak kinerja kipas.

Rusaknya thermostat

Thermostat adalah alat pengukur suhu di mobil, jadi jika alat ini rusak maka tidak bisa mengukur suhu dengan benar. Maka akan membuat mesin tidak bisa menafsirkan suhu mesi, dan akhirnya terjadi overheat.

Bahan bakar tidak sesuai

Bahan bakar yang digunakan pada mobil memang seharusnya sesuai dengan mesin dan spesifikasinya.  Hal ini karena kadar oktan pada setiap bahan bakar berbeda dan jika tidak sesuai akan membuat moil menjadi knocking.

Rusaknya pompa air 

Pompa air yang rusak bisa membuat kebocoran pada air radiator, dan hal ini jelas akan menyebabkan terjadinya overheat.

Efek Dari Ciri Mobil Pernah Overheat

Mobil yang mengalami peningkatan suhu berlebih atau overheat memang akan memiliki efek. Ada berbagai efek overheat pada mobil yang bisa terjadi, tergantung dengan kerusakan dan juga penanganan yang Anda lakukan. Apabila Anda menangani dengan baik dan benar maka efek yang ditimbulkan juga bisa diminimalisasi.

Penurunan Peforma

Tahap awal untuk mobil yang mengalami overheat adalah mengalami penurunan pada peformanya dan juga tenaga yag dihasilkan. Tentu saja mobil Anda akan menjadi lebih lambat dan mudah panas. Hal ini bisa diibaratkan sebagai komputer yang sudah terlalu penuh, maka akan lebih lambat dan mudah panas.

Kerusakan Komponen

Apabila overheat terjadi dan Anda tetap memaksakan mobil tanpa ada perbaikan maka yang terjadi adalah kerusakan komponen mobil secara permanen.

Mobil adalah kendaraan dan benda mati yang perlu dijaga dan dirawat supaya tidak cepat rusak dan demi keselamatan Anda. Oleh karena itu anda harus sering-sering mengecek keadaan mobil secara rutin di Jasa Servis Mobil Makassar PT Catur Putraharmonis. Kami adalah partner anda yang terpercaya. Sampai jumpa di bengkel kami.

Need Help ?

Easy to Get In Touch With Us

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Silahkan menggunakan fitur Live Chat yang tersedia di sebelah kanan bawah halaman ini.